Sosial

q

Membuat Kriteria Penilaian dengan Excel


Penilaian dengan kurikulum sekarang ini perlu memberi beberapa deskripsi atas hasil prestasi siswa secara individu. Misalnya suatu mapel akan menetapkan ada 5 kriteria jenjang ketuntasan belajar para siswanya. Misalkan menggunakan abjad A,B,C,D dan E.
Asumsi lain misalkan menggunakan rentang angka dari 1 hingga 100.
Di bawah ini contoh rumus yang saya buat Semoga bapak/ibu yang amat mencintai excel ( juga karena terbatasnya hardware atau software ) dapat memanfaatkannya.
Kriteria ini menggunakan dasar formula atau Fungsi IF pada Excel.
Silahkan buka Excel (kami menggunakan Office 2003 ) dan coba rumus ajaib ini :
1. Kriteria dengan Abjad :
=IF(C17>=85;”Sangat Baik, Pertahankan keaktifannya”;IF(C17>=75;”Baik, Pertahankan dan Tingkatkan keaktifannya”;IF(C17>=70;”Cukup, Tingkatkan
keaktifannya”;IF(C17>=60;”Kurang, Perlu serius belajar”;IF(C17<=59;”Kurang Niat Belajar, Anda diambang Tidak Naik Kelas”;” “)))))
2. Kriteria dengan rentang nilai 1-100 :
=IF(C14=”A”;”Sangat Baik, Pertahankan keaktifannya”;IF(C14=”B”;”Baik, Pertahankan dan Tingkatkan keaktifannya”;IF(C14=”c”;”Cukup, Tingkatkan keaktifannya”;IF(C14=”D”;”Kurang, Perlu serius belajar”;IF(C14=”E”;”Kurang Niat Belajar, Anda diambang Tidak Naik Kelas”;” “)))))
Pada rumus ini, cell C17 atau C14 menjadi referensi atau input data.
Copy paste rumus diatas mulai dari tanda = sampai tanda ) terakhir, setelah sukses  copy paste di satu cell teruskan copy paste pada cell sejumlah siswa anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *