Sosial

q

Sharing Printer Antara Windows 7 dan Windows XP


Apabila di kantor anda ada lebih dari satu computer dan tiap komputer terhubung dengan printer tentu tidak menjadi masalah bagaimana bila dalam satu kantor hanya ada satu atau beberapa buah printer saja tentu persoalan jadi lain karena anda harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli printer baru. solusi yang tepat adalah dengan membuat network / jaringan sehingga printer bisa anda share ke semua komputer. Bagaimana bila komputer dalam jaringan tersebut ada beberapa komputer yang menggunakan Operating System widows XP dan Windows 7? saya akan mencoba berbagi tips cara sharing printer supaya bisa diakses oleh semua komputer baik menggunakan Operating System Windows XP maupun Windows 7 dalam satu jaringan.
Berikut langkah – langkahnya :
  • Pertama pastikan semua komputer berada berada dalam satu network atau jaringan dengan nama group / workgroup yang sama
Langkah berikut dilakukan apabila printer anda terhubung komputer yang berbasis windows 7
Pada komputer berbasis windows 7 : Start > Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center klik Change advanced sharing settings kemudian aktifkan Turn on network discovery, Turn on file and printer sharing dan Turn off password protected sharing.
Klik Start > Devices and Printers > Double klik pada icon printer yang akan dishare.
Double klik pada “Customize your printer”.
Pilih menu tab Sharing dan centang “share this printer” dan “Render print jobs on client” ketikan pula Type printer yang akan di share.
Supaya bisa diakses oleh komputer yg ber OS windows XP klik “Additionel drivers” centang x64 dan x86 > OK


Printer yang berada pada komputer ber OS Windows 7 telah selesai dishare anda bisa cek melalui My computer > pilih Network seperti gambar berikut :
Langkah selanjutnya Tambahkan printer yang telah dishare ke komputer anda yang ber OS windows XP caranya :
. klik menu Start > Printer and Fax > Add a Printer


Pilih “A network printer, or a printer attached to another computer” > next

Pilih “Brows for a print” > pilih Type printer yang di share > Next atau pilih “Connect to this printer…” > ketik type printer di komputer OS windows 7 anda seperti gambar > next


Klik “Yes” untuk install printer driver automatic > Finish
Saran saya sebaiknya install terlebih dahulu driver printer di komputer xp anda karena driver windows 7 tidak compatible dengan windows xp.
Printer kini telah siap untuk digunakan selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *